SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2019 di Desa Sambiroto Kecamatan Padas memasuki Uji fungsi dan serah terima program.

Serah terima aset dan pengelolaan program Pamsimas ditandai dengan penyerahan sertifikat dan pemotongan tumpeng secara simbolis kepada kepala desa Sambiroto bertempat di gedung serbaguna Desa Sambiroto Kecamatan Padas, dan penyerahan tersebut dilakukan oleh perwakilan Dinas Perkim Dito beserta stafnya dan disaksikan fasilitator, pendamping Pamsimas, Perangkat Desa dan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM). Jumat (20/12/2019).

Perwakilan Dinas Perkim Dito menyerahkan pengelolaan Program Pamsimas III kepada Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono

Dalam keterangannya kepala desa Sambiroto Sri Mulyono bersyukur bahwa selain menerima program Pamsimas III yang bersumber dari APBN di tahun anggaran 2019 ini, pemerintah kabupaten melalui Dinas Perkim juga telah mengalokasikan bantuan pengembangan pipanisasi. “Itu berarti ada kesinambungan program dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah”, tandasnya.

Terkait uji fungsi program, staf Dinas Perkim Arfia sempat berdialog dengan KKM dan pemanfaat sambungan rumah (SR). Sejauh ini dari total target sejumlah 190  telah tercapai 103 SR dengan kapasitas jangkauan mencapai tiga dusun, meskipun pengembangannya baru terealisasi dua dusun. Dari empat dusun diwilayah desa Sambiroto diproyeksikan program Pamsimas dapat mengkover tiga dusun kecuali dusun Sambiroto II.

Uji fungsi Sambungan Rumah (SR) Program Pamsimas III di Dusun Bolo II

Masyarakat desa Sambiroto perlu gembira karena di tahun anggaran 2020 Dinas Perkim kembali mengalokasikan Hibah Air Minum Pedesaan (HAMP) untuk sembilan desa di Kabupaten Ngawi, salah satunya desa Sambiroto. Karena dusun Sambiroto II belum terjangkau program Pamsimas, maka dimungkinkan target program HAMP ini bisa diarahkan kesana.