SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Saat ini kita dihadapkan pada situasi yang tidak biasa, lebih tepatnya situasi darurat akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Tak hanya kesehatan manusia, dampak yang ditimbulkan begitu luas baik disektor ekonomi, industri, pendidikan, sosial budaya, formal maupun informal. Pelayanan masyarakat dibeberapa kantor pemerintahan ikut tersendat.

Bahkan Presiden Joko Widodo sempat menggaungkan inilah saatnya kita  learn from home, work from home (belajar dari rumah dan kerja dari rumah).

Pertemuan dan rapat kerja internal maupun lintas sektor dari berbagai pemangku kepentingan di pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah menjadi agenda wajib dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk menciptakan koordinasi dan sinegritas kerja yang baik dan terintegrasi.

Namun dengan semakin meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia dan ditetapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa (31/03/2020), maka pertemuan dan agenda rapat kerja dilakukan pula dengan cara yang berbeda.

Baca juga : Jokowi Umumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar Darurat Covid-19

Menindaklanjuti instruksi presiden, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi berinisiatif menggelar video conference dengan menggunakan aplikasi “ZOOM Cloud Meetings” untuk menghindari tatap muka langsung yang melibatkan kerumunan orang banyak. Hal ini dilakukan sebagai protokol pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

Dinas Komunikasi dan Informatika melalui Kepala Bidang Layanan e-Government Agus D Irawan meninjau kesiapan seluruh Organisasi dan Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi, Kecamatan dan Desa se-kabupaten Ngawi untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai alternatif dalam melakukan pertemuan maupun rapat kerja secara online, Kamis (02/04/2020).

Ikut bergabung dalam video conference tersebut BKPP, DPMD Ngawi, Inspektorat, Bappelitbang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Kecamatan Ngawi, Kantor Kecamatan Pitu dan beberapa operator desa se-Kabupaten Ngawi.

Kedepan, penggunaan aplikasi ZOOM Clouds Meeting ini juga diperuntukkan bagi operator website desa untuk mengikuti pelatihan secara  online, membahas materi atau isu-isu penting tentang teknis pengelolaan website desa. Disisi lain operator desa diharapkan selalu update pemanfaatan teknologi informasi untuk bidang penyelenggaraan pemerintahan.