Sambiroto, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Sambiroto menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2021.

Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mendasar pada Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sambiroto untuk tahun anggaran 2021 yang akan datang.

Bertempat di Balai Desa Sambiroto, Rabu (22/07) Mudes dihadiri oleh Camat Padas, Babinsa, BPD, Kepala Desa beserta jajarannya dan unsur RT/RW beserta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Padas Dodi Aprilasetia menuturkan RKP-Desa harus sesuai dengan visi misi pemerintahn desa yang tertuang dalam RPJM. Beliau mengingatkan pembangunan dei desa harus memenuhi prinsip-prinsip yang beliau sebut dengan istilah “POAC” (planning, organizing, actuating, controlling).

Planning atau perencanaan salah satunya diwujudkan dengan penyusunan rencana kerja dalam hal ini RKP Desa. Organizing atau pengorganisasian dengan melibatkan stakeholder/pemangku kepentingan (pemdes, tim penyusun RKP Desa, pendamping desa, BPD dan masyarakat). Actuating atau aktualisasi pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang matang. Controlling merupakan fungsi pengawasan yang harus dilakukan oleh masyarakat dan juga BPD agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dan tidak keluar dari perencanaan.

Berita terkait :

Penandatanganan Berita Acara Musyawarah Penyusunan RKP-Desa Sambiroto oleh perwakilan masyarakat

Dalam musyawarah yang dipimpin oleh BPD tersebut Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menyampaikan laporan realisasi RKP-Desa Tahun 2019 dan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2021.

Pelaksanaan musdes diawali dengan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Sambiroto (RPJM) Tahun 2020-2025. Gagasan/usulan dusun yang tertuang dalam RPJM menjadi acuan penyusunan RKP-Desa Tahun 2021.

Musdes menghasilkan beberapa mufakat tentang pokok-pokok prioritas pembangunan tahun 2021. Dilanjutkan dengan membentuk 11 anggota tim penyusun RKP-Desa dan 5 anggota tim verifikasi.

Baca juga :