SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Padas melaksanakan skrining kesehatan bagi remaja Desa Sambiroto, Minggu (15/11). Bertempat di balai desa Sambiroto, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut pembinaan posyandu dalam rangka memperluas akses kesehatan bagi remaja.

Posyandu remaja (Posrem) menjadi salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan jajaran dibawahnya untuk menyiapkan kualitas remaja baik fisik maupun mental agar produktif dan berdaya saing. Pembinaan posyandu remaja dilakukan ditingkat bawah yang dimulai dari desa.

Pengecekan suhu tubuh sebelum pelaksanaan skrining

Posrem Sigap (Sambiroto Inovatif Gerak Aktif dan Produktif) menyasar target 253 remaja usia 10-19 tahun yang tersebar di 4 dusun. Skrining dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan diawali dengan menerapkan protokol kesehatan CTPS (cuci tangan pakai sabun) dan pengecekan suhu tubuh. Dilanjutkan dengan registrasi di 2 meja pendaftaran yang telah disediakan.

Pemeriksaan tinggi dan berat badan remaja oleh kader posyandu

Tim Puskesmas Padas dibantu kader posyandu melakukan pemeriksaan kesehatan berupa berat/tinggi badan, lingkar lengan, tekanan darah serta pemberian vitamin. Siti Munawaroh (Bidan Desa Sambiroto) di sela-sela kegiatannya menjelaskan akan arti pentingnya meningkatkan partisipasi dan upaya intervensi yang melibatkan remaja terkait permasalahan kesehatan. Menurutnya salah satu tujuan posyandu remaja adalah memantau kesehatan remaja secara berkala dan mengedukasi remaja untuk menerapkan pola hidup sehat. Membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya agar menjadi generasi yang sehat, kreatif, inovatif dan berwawasan luas.

Berbekal informasi dan edukasi yang diberikan, diharapkan para remaja memiliki kematangan secara fisik dan mental dalam mempersiapkan masa depannya, termasuk mengurangi resiko pernikahan dini dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang kerap terjadi.

Baca juga :