SAMBIROTO.MGAWIKAB.ID- Menapaki hari pertama di bulan Desember, Selasa (01/12), beberapa desa di wilayah Kecamatan Padas dan Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi diguyur hujan deras.Hujan mulai turun menjelang Maghrib hingga pukul 20.00 WIB. Hujan deras yang mengguyur selama lebih dari dua jam menyebabkan beberapa ruas jalan dan rumah warga terendam banjir.

Fenomena alam ini mungkin pertama kalinya dalam lima tahun terakhir. Intensitas hujan yang sangat lebat menyebabkan sungai dan saluran pembuangan tidak mampu lagi menampung debit air. Ditambah lagi saluran irigasi yang berasal dari Waduk Pondok sedang dibuka untuk mengolah lahan pertanian. Karena sepekan sebelumnya tidak turun hujan sehingga kebutuhan petani untuk mengolah lahan masih kurang.

Warga Dusun Bolo 1 Desa Sambiroto yang paling terkena dampaknya. Terutama rumah warga yang berada di sepanjang sisi sungai. Beberapa rumah warga yang berada dalam radius 100 meter ke utara dari tugu masuk desa, jalan raya Ngawi-Caruban tergenang air.

Salah satu kondisi di depan rumah warga RT 03 RW 03 Dusun Bolo 1

Luapan air sungai memasuki rumah warga hingga menyebabkan ketinggian air mencapai lebih dari 10 cm. Salah satunya adalah rumah milik Diyo (55 tahun). Warga RT 03 RW 03 Dusun Bolo 1 tersebut terpaksa mengamankan perabotan dan gabah miliknya ketempat yang lebih tinggi.

Bergeser ke selatan dari rumah Diyo, sebuah jembatan bambu terseret banjir puluhan meter hingga tersangkut di jembatan lain milik warga. Sampai berita ini diturunkan tidak ada laporan korban jiwa. Warga berharap air segera surut sehingga dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Hujan Merata di Wilayah Kecamatan Padas

Tidak hanya di Desa Sambiroto, banjir juga melanda desa lain di wilayah Kecamatan Padas, yakni, Kedungprahu, Munggut, Padas dan Kwadungan Lor. Akses Jalan Raya Ngawi-Caruban juga tidak luput dari genangan air di beberapa ruas, seperti yang terlihat di depan SMPN 1 Padas dan jalan masuk Desa Kwadungan Lor.

Sementara itu, banjir juga dilaporkan terjadi di Desa Dero Kecamatan Bringin. Area sekitar Kantor Desa Dero terlihat genangan air yang cukup tinggi. Bahkan ruas jalan raya Kedungprahu-Waduk Pondok di sisi timur Kantor Desa Dero juga terendam banjir dengan arus yang cukup deras.

Baca juga :