SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pemerintah Kabupaten Ngawi kembali meraih predikat A (memuaskan) atas Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja di tahun ini. Laporan hasil Evaluasi diperoleh melalui Laporan Kinerja berupa Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (LAKIP). LAKIP sendiri merupakan produk akhir dari SAKIP.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku yaitu SAKIP.

Penyerahan hasil laporan SAKIP dilakukan secara virtual, diikuti Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono,ST, MH bertempat di Ruang Command Center Ngawi, Kamis (22/04).Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Inspektur Inspektorat Yulianto Kusprasetyo beserta pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Capaian Kinerja Meningkat

Penghargaan SAKIP ini merupakan apresiasi terhadap upaya pemerintah daerah dalam keberhasilannya meningkatkan efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, termasuk kualitas pembangunan, budaya kinerja, birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil serta sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menujukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

Secara Nasional hanya ada 6 Kabupaten yang mendapatkan predikat A, termasuk Ngawi. Bupati Ngawi optimis, kedepannya Kabupaten Ngawi akan meraih predikat AA, “Meskipun real dilapangan sangat berat, karena harus ada effort serta diperjuangkan dari ASN di Kabupaten Ngawi mulai dari jajaran eselon 1, eselon 2 dan fungsional ASN untuk mencapai SAKIP yang excellent,” ujar Bupati

Selain Kabupaten Ngawi, predikat A SAKIP berhasil diraih lima Kabupaten lainnya yaitu Malang, Banyuwangi, Gresik, Lamongan, dan Situbondo.

Bupati Ony mengatakan SAKIP dengan predikat A yang diraih 3 kali berturut turut ini, merupakan bentuk komitmen kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Ngawi. “Harapannya tetap bisa dipertahankan bahkan bisa naik mendapatkan predikat “AA“,” harapnya.

Dirangkum dari berbagai sumber

Baca juga:

Share and Enjoy !

0Shares
0 0