SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pendaftaran bakal calon Perangkat Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tahun 2021 telah dimulai. Pendaftaran tersebut merupakan bagian dari mekanisme pengisian Perangkat Desa Sambiroto guna mengisi kekosongan pada jabatan Kepala Dusun Bolo I, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan Kepala Seksi (Kasi Kesejahteraan).

Namun demikian, ada hal yang wajib diketahui para pendaftar tersebut berkenaan dengan tugas pokok dan fungsi jabatan yang dilamarnya dalam pemerintahan desa.

Tugas pokok dan fungsi perangkat desa secara umum diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Perangkat Desa.

Berikut tugas dan fungsi Kepala Dusun, Kepala Seksi Pelayanan dan Kepala Seksi Kesejahteraan mendasar Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2018.

KEPALA DUSUN

  • Kepala Dusun berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya di wilayahnya.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Kepala Dusun memiliki fungsi :
    • Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
    • Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
    • Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
    • Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Baca juga:

Sedangkan Kepala Seksi berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis. Kepala seksi bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional. Untuk melaksanakan tugas Kepala Seksi mempunyai fungsi:

KEPALA SEKSI PELAYANAN

Kepala seksi pelayanan memiliki fungsi melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN

Kepala seksi kesejahteraan mempunyai fungsi melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.

Baca juga:

Share and Enjoy !

0Shares
0 0