SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi menggelar kegiatan bersih desa di balai desa, Jumat (04/06). Gelaran bersih desa atau “nyadran” digelar setiap tahun sebagai salah satu warisan adat istiadat dan budaya adiluhung yang perlu dilestarikan.

Kegiatan bersih desa dihadiri oleh Kepala Desa Sambiroto beserta jajaran perangkat desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat. Mengingat digelar di masa pandemi, bersih desa dihadiri peserta dan tamu undangan dalam jumlah terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tamu undangan hadir dengan menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker dan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermogun

Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Sadi, prosesi bersih desa dimulai dengan bermunajat kepada Allah SWT. Doa dipanjatkan oleh seluruh hadirin dengan sepenuh hati. Memohon kepada Allah SWT agar seluruh warga dan masyarakat Desa Sambiroto selalu mendapatkan rahmat, berkah dan senantiasa dalam lindungan-Nya. Dijauhkan dari wabah dan pandemi Covid-19 segera berlalu dari bumi pertiwi.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono mengungkapkan kegiatan bersih desa secara hakikat adalah untuk mensucikan lahir dan batin.

Sambutan Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono pada prosesi bersih desa di Balai Desa Sambiroto, Jumat (04/06)

Tujuan bersih desa ini adalah ngresiki ati, ngresiki lahir lan batin, sekaligus mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua, seluruh masuyarakat Desa Sambiroto. Untuk itu, mumpung masih bulan Syawal, baik secara pribadi maupun sebagai kepala desa saya mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin,” ungkap Sri Mulyono.

Bersih desa juga sebagai sarana kita untuk berdoa kepada Tuhan agar kita terhindar dari segala bencana, terutama wabah corona agar segera hilang dari bumi nusantara,” sambung kepala desa yang akrab disapa Yonik tersebut.

Pagelaran seni budaya tari gambyong mewarnai kegiatan bersih desa Sambiroto

Usai doa bersama, prosesi bersih desa dilanjutkan dengan pagelaran seni dan budaya gambyong. Menilik sejarah dan asal usul Desa Sambiroto yang berasal dari dua krajan, yaitu Sambiroto dan Bolo, prosesi bersih desa dilaksanakan di dua tempat yang dipusatkan di Balai Desa Sambiroto dan Dusun Bolo 2.

Baca juga: