SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Warga Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi terlihat antusias mengikuti vaksinasi yang digelar oleh UPT Puskesmas Padas, Kamis (08/06/2021).

Bertempat di Balai Desa, kegiatan vaksinasi dimulai pukul 07.00 WIB. Dalam arahannya, salah satu tenaga kesehatan UPT Puskesmas Padas, Sarjono mengatakan vaksin yang digunakan adalah jenis Astra Zeneca.

“Bapak Ibu sekalian, jadi vaksin yang akan digunakan nanti adalah vaksin Astra Zeneca. Berbeda dengan jenis vaksin Sinovac, efek samping Astra Zeneca ini lebih kuat, karena daya imunitasnya juga lebih kuat. Namun, bapak ibu tidak perlu khawatir, telah kami siapkan obat bagi panjenengan untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan”, ungkap Sarjono saat memulai kegiatan.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan ruang observasi paska vaksinasi dan siap memberikan pelayanan tindak lanjut jika ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada pelaksanaan vaksinasi kali ini, UPT Puskesmas Padas menyiapkan tim yang bekerja di pos masing-masing. Terdapat petugas mobile, entry PL, skrining, vaksinator, observasi dan entry data.

Vaksinasi dosis pertama kali ini menyasar pada lansia, pedagang, dan masyarakat umum yang mempunyai mobilitas tinggi. Sampai berakhirnya kegiatan, tercatat 269 orang warga antusias mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi. Sebanyak 236 diantaranya telah divaksin, dan 33 lainnya gagal karena tidak lolos skrining.

Berita sebelumnya: