SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- UPT Puskesmas Padas, Kabupaten Ngawi melakukan rapid antigen pada ibu hamil (bumil), Senin (26/07/2021). Langkah tersebut diambil lantaran ibu hamil dinilai rentan terhadap paparan Covid-19.

Bertempat di UPT Puskesmas Padas, 12 bumil dari 6 desa di wilayah Kecamatan Padas di-rapid. Hasilnya, 10 orang dinyatakan negatif dan 2 orang reaktif.

Siti Munawaroh, salah satu petugas rapid menjelaskan bumil yang reaktif langsung mendapatkan penanganan serius dari pihak Puskesmas Padas.

Petugas sedang mengambil sampel rapid antigen pada bumil di UPT Puskesmas Padas, Senin (26/07/2021)

Untuk bumil hari ini dilakukan rapid antigen. Totalnya ada 12 bumil dari 6 desa. Hasilnya 10 negatif, 2 reaktif. Dari 2 bumil yang reaktif ini, satu telah melahirkan dan mendapat perawatan intensif di poned, yang satunya isoman (isolasi mandiri) dirumah dan terus dipantau oleh bidan desa setempat,” jelas Siti Munawaroh.

Ia menjelaskan sasaran rapid antigen adalah bumil yang diperkirakan melakukan persalinan pada bulan Agustus.

Sebelumnya, kegiatan yang sama dilakukan oleh UPT Puskesmas Padas pada Sabtu lalu (24/07/2021). Rapid antigen diikuti oleh 12 bumil dimana hasilnya dinyatakan negatif.

Baca juga:

Wabup Ngawi Janji Berikan Bantuan Bagi Bumil yang Menjalani Perawatan dan Isolasi

Sementara itu, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko berjanji akan memberikan bantuan kepada bumil yang sedang menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Hal itu disampaikannya saat melakukan panggilan telepon dengan Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono.

Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono saat berkoordinasi dengan Siti Munawaroh dan Satgas Penanganan Covid-19 Desa Sambiroto

Tadi, baru saja Pak Wabup, Pak Antok telepon saya, beliau menanyakan bagaimana kondisi di Desa Sambiroto terutama ibu hamil saat pandemi ini. Kemudian saya konfirmasi ke bidan desa tentang hal itu. Kebetulan Bu bidannya sedang melaksanakan tugas rapid antigen untuk bumil di Puskesmas Padas. Jadi sekalian kita sampaikan update informasi se-Kecamatan Padas kepada Pak Antok,” jelas Sri Mulyono.

Ia menambahkan, Wabup Ngawi akan memberikan bantuan kepada bumil yang sedang dalam perawatan dan isolasi mandiri.

Tadi Pak Wabup juga berjanji akan memberikan bantuan kepada 2 bumil yang sedang menjalani perawatan dan isolasi mandiri. Sudah saya sampaikan datanya, dari Desa Tungkulrejo dan Bendo. Sambiroto sampai saat ini, bumil aman,” pungkasnya.

Baca juga: