SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pemerintah terus berupaya mempercepat tercapainya herd immunity di kalangan masyarakat. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan percepatan vaksinasi di berbagai daerah, tak terkecuali di Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Vaksinasi di wilayah Kecamatan Padas mencapai hampir 10.000 orang. Sebagaimana disampaikan Kepala UPT Puskesmas Padas, dr. Zain Ratna Priyanto saat memantau vaksinasi di Desa Sambiroto, Selasa (31/08/2021).

“Jadi untuk vaksin dosis satu maupun dosis dua total hampir 10.000 orang. Kalau dihitung penduduk kita kan (se-Kecamatan Padas_*red) ada sekitar 40.000 ribuan ya, yang mungkin sudah 15% lah mas,” ungkap dr. Zain.

Disinggung soal vaksinasi yang dilaksanakan di Desa Sambiroto dr. Zain menjelaskan ada peserta vaksin kedua dan ada pula yang baru vaksin pertama kalinya.

“Hari ini, kita kan ada 300. Itu untuk yang vaksin kedua Astra Zeneca ada 230, vaksin kesatu ada 45. Terus yang 40 itu Sinopharm untuk keluarga disabilitas,” jelasnya.

Berita terkait:

Kepala UPT Puskesmas Padas dr. Zain Ratna Priyanto memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Sambiroto, Selasa (31/08/2021)

Secara keseluruhan hampir semua desa di Wilayah Kecamatan Padas telah mendapatkan jatah vaksin. Namun ia tidak menampik bahwa ketersediaan vaksin menjadi kendala tersendiri dalam mencapai herd immunity. “Yang (desa_*red) Kwadungan Lor, vaksin satu, dua belum semua. Untuk Kwadungan Lor memang agak susah. Setiap desa kan 300, itu biar enak membaginya, kebetulan Kwadungan Lor tidak termasuk itu, jadi ya menunggu. Sedangkan vaksin yang datang ini kan untuk dosis kedua semua. Tapi tadi saya tanyakan, Alhamdulillah untuk vaksin dosis satu sudah datang, besok tanggal 2 September vaksinasi disana,” pungkasnya.