SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Waduk Pondok yang terletak di Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi mengalami kerusakan akibat kebocoran pada pipa saluran irigasi. Waduk yang diresmikan oleh Menteri Penerangan Harmoko pada tahun 1996 itu memang memiliki peran vital di sektor pertanian. Waduk Pondok digunakan untuk mengairi 3.450 hektar lahan pertanian di 22 desa yang ada di empat kecamatan.

Hal itu mengakibatkan pasokan air untuk lahan pertanian menjadi tersendat. Pada kondisi normal, kapasitas air untuk irigasi dibuka 2.200 liter perdetik. Namun, pada musim tanam ketiga tahun ini terpaksa dikurangi. Berdasarkan kesepakatan petani yang tergabung dalam Gabungan HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) Pondok Tirto bersama pengelola Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) akhirnya Waduk Pondok dibuka 1.700 liter perdetik.

Baca juga:

Kebocoran pipa irigasi bawah tanah Waduk Pondok di Desa Gandong, Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.

Kalau kondisi normal seperti biasa waduk dibuka 2.200 liter perdetik pak, tapi karena ini ada kebocoran di pipa pembuangan akhirnya dikurangi jadi 1.700 liter perdetik,” ujar Marlan salah salah satu pengurus HIPPA Desa Sambiroto.

Ia menambahkan, konsekuensi dari pengurangan itu berakibat debit air untuk area persawahan warga semakin kecil dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. “Ya, terpaksa. Karena kalau dibuka penuh seperti biasa pipa saluran tidak mampu, jadi dikurangi. Otomatis nanti debit airnya kecil dan sekali buka waktunya akan lebih lama. Jadi, ini dilakukan untuk pemeliharaan jangan sampai terjadi kerusakan yang lebih parah,” tuturnya saat ditemui sambiroto.ngawikab.id, Rabu (08/09/2021).

Menurutnya, ada wacana dari pengelola Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo untuk menghentikan sementara aliran Waduk Pondok pada musim tanam ketiga tahun depan. Hal itu diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi perawatan dan pemeliharaan waduk. Selain itu, sesuai aturan distribusi air untuk pengairan minimal yang tersisa (volume ambang batas minimal) sebanyak 5 juta meter kubik.

Beberapa pekerja tampak menyiapkan plat baja untuk menambal kebocoran pada pipa irigasi Waduk Pondok di Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi

Salah Satu Destinasi Wisata di Kabupaten Ngawi

Seperti diketahui, Waduk Pondok merupakan salah satu waduk andalan di Kabupaten Ngawi. Oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi, selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengairan dan transportasi, Waduk Pondok juga menjadi salah satu destinasi wisata. Adapun, keunggulan yang dimiliki oleh Waduk Pondok untuk tujuan wisata adalah terdapat area pemancingan, arena motor cross, dan wisata kuliner. Ada banyak warung di sekitar yang menyajikan makanan ikan hasil tangkapan di waduk setempat. Saat hari Minggu ataupun libur, waduk tersebut banyak dikunjungi wisatawan untuk memancing ataupun menikmati panorama alam sambil mencicipi hidangan kuliner di tepian waduk.

Baca juga: