SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) TA 2022, Kamis (02/09/2021).

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Sambiroto tersebut dihadiri BPD, Kepala Desa beserta jajarannya, LPMD, Ketua RT/RW dan Tim Penggerak PKK dan perwakilan masyarakat. Selain itu turut hadir dalam kegiatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Bertindak selaku narasumber Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Padas dan Pendamping Desa.

Musyawarah dipimpin oleh Wakil Ketua BPD Samsu Mustakim. Dalam sambutannya ia mengungkapkan dasar hukum pelaksanaan Musyawarah Desa.

Wakil Ketua BPD Samsu Mustakim saat memimpin dan membuka Musyawarah Desa Penyusunan RKP Desa TA 2022 di Balai Desa Sambiroto, Kamis (02/09/2021)

“Perlu kami sampaikan bahwa dasar hukum penyelenggaraan Musdes ini adalah UU nomor 16 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 114 tahun 2014, Permendesa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum PDPMD dan Peraturan Bupati Ngawi Nomor 29 Tahun 2018 sebagaimana diubah menjadi Peraturan Bupati Ngawi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Desa,” ungkap Samsu Mustakim.

Berita serupa:

Dalam kesempatan berikutnya, tiba saatnya Kepala Desa Sambiroto menyampaikan realisasi RKP Desa TA 2021 dan skala prioritas RKP Desa TA 2022.

Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menjelaskan beberapa program kegiatan yang masuk dalam RKP Desa TA 2021 sebagian besar telah terealisasi.

“Jadi, kami sampaikan kegiatan yang sudah terealisasi di 2021. Diantaranya pembangunan fisik berupa pavingisasi di RT 004 RW 001, Dusun Sambiroto I dan pavingisasi di RT 001 RW 002, Dusun Sambiroto II. Kemudian ada pembangunan drainase di area lapangan,” jelas Sri Mulyono.

Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono menyampaikan laporan realisasi kegiatan RKP Desa TA 2021 dan prioritas kegiatan yang masuk dalam RKP Desa TA 2022 di Balai Desa Sambiroto, Kamis (02/09/2021)

Ia menambahkan, kegiatan lain yang sudah terlaksana berupa penyaluran BLT Desa selama 8 bulan, PKTD gropyokan tikus. Ditambah lagi penyerapan alokasi anggaran untuk penyemprotan disinfektan, tunjangan RT/RW selama 6 bulan dan program kegiatan yang baru saja selesai yaitu pengisian perangkat desa.

Pada kesempatan yang lain arahan diberikan oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Kasi Pemerintahan Kacamatan Padas. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Tim Penyusun RKP Desa dan Tim Verifikasi diikuti penandatanganan berita acara. Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berita sebelumnya: