SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Padas melaksanakan vaksinasi dosis kedua di Kantor Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Selasa (31/08/2021). Vaksin yang digunakan pada dosis kedua kali ini adalah jenis Astra Zeneca.

Selain Astra Zeneca, vaksin jenis Sinopharm juga disiapkan oleh Puskesmas Padas. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala UPT Puskesmas Padas, dr. Zain Ratna Priyanto.

“Hari ini, kita kan ada 300. Itu untuk yang vaksin kedua Astra Zeneca ada 230, vaksin kesatu ada 45. Terus yang 40 itu Sinopharm untuk keluarga disabilitas,” ungkap Zain.

Ia menambahkan, vaksin jenis sinopharm digunakan pada penyandang disabilitas dan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Menurutnya, jika dilihat dari fungsinya sinopharm adalah perpaduan dari Sinovac dan Astra Zeneca.

“Sinopharm itu termasuk bagus itu. Sinopharm itu perpaduan antara Astra Zeneca dan Sinovac. Bagusnya kaya Astra Zeneca tapi efek sampingnya kaya Sinovac, adaptasinya jadi lebih tinggi lah dari Sinovac,” tambahnya.

Meskipun namanya terdengar mirip dengan Sinovac, tapi kedua jenis vaksin ini memiliki perbedaan. Dilansir dari kompas.com, vaksin jenis Sinopharm memiliki efikasi yang lebih tinggi dari sinovac. Vaksin sinopharm menunjukkan bahwa 2 dosis vaksin memiliki efikasi 79 persen dalam melawan simptomatik Covid-19. Antibodi ini terbentuk 14 hari setelah dosis vaksin kedua. Sedangkan di Indonesia, efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen.

Efikasi adalah tingkat kemanjuran atau kemampuan vaksin dalam memberikan manfaat bagi individu yang divaksinasi.

Baca juga: