SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Padas melaksanakan skrining kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja di Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Kamis (16/09/2021) . Bertempat di balai desa Sambiroto, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut pembinaan posyandu dalam rangka memperluas akses kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah penjaringan dan pemeriksaan kesehatan sebagai langkah deteksi dini tentang risiko masalah kesehatan pada anak sekolah dan remaja.

Dua tenaga kesehatan, Ika dan Vika dari Tim 3 UPT Puskesmas Padas ditugaskan pada kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini. Dalam pelaksanaannya, skrining mendapat dukungan dari 12 kader Posrem (Posyandu Remaja) Sigap Desa Sambiroto dan dibantu kader senior.

Posyandu remaja (Posrem) menjadi salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan jajaran dibawahnya untuk menyiapkan kualitas remaja baik fisik maupun mental agar produktif dan berdaya saing. Pembinaan posyandu remaja dilakukan ditingkat bawah yang dimulai dari desa.

Kegiatan diawali dengan menerapkan protokol kesehatan CTPS (cuci tangan pakai sabun) dan pengecekan suhu tubuh. Dilanjutkan dengan registrasi di 2 meja pendaftaran yang telah disediakan. Skrining awal dilakukan oleh kader Posrem Sigap dengan timbang badan, pengukuran tinggi badan, lingkar lengan, tekanan darah serta pemberian vitamin.

Kegiatan ini dihadiri 135 dari empat ratusan anak usia sekolah dan remaja di Desa Sambiroto. Selain pemeriksaan kesehatan, mereka juga mendapatkan informasi, edukasi dan konseling kesehatan remaja secara lebih mendalam oleh Tim 3.

Berbekal informasi dan edukasi yang diberikan, diharapkan para remaja memiliki kematangan secara fisik dan mental dalam mempersiapkan masa depannya, termasuk mengurangi resiko pernikahan dini dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang kerap terjadi.

Berita serupa:

.