SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi terus berupaya mencegah dan menekan angka stunting pada balita. Salah satu program nyata yang dilakukan adalah Pemberian Makanan Tambahan pada ibu hamil (PMT Bumil).

Sabtu (23/10/2021) bertempat di balai desa, Pemerintah Desa Sambiroto melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memberikan PMT pada 19 bumil.

“Terdapat 19 bumil di Desa Sambiroto yang kita berikan PMT. Namun hari ini yang hadir 15 orang, jadi 4 PMT kita akan berikan dari rumah ke rumah, ungkap Masfiah salah satu kader posyandu kepada sambiroto.ngawikab.id.

Selain menekan angka stunting, PMT bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi pada ibu hamil. Dengan demikian potensi ibu hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis) dapat dikurangi.

Jika tidak ditanggulangi, ibu hamil dengan KEK akan berdampak negatif. Tidak saja pada bumil sendiri, namun dapat menyebabkan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada bayi.

Berita terkait:

Promkes UPT Puskesmas Padas

Programmer Promkes (Promosi Kesehatan) UPT Puskesmas Padas, Retno Hidayati menyebutkan angka stunting di Desa Sambiroto termasuk rendah, yakni sebesar 15,38%. Prosentase tersebut dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan jumlah kasus di seluruh wilayah Kecamatan Padas yang berada di angka 20,31%.

Programmer Promkes Puskesmas Padas, Retno Hidayati didampingi Siti Munawaroh (Bidan Desa Sambiroto) memberikan edukasi kepada bumil dengan bernyani bersama

Tidak hanya PMT, ibu hamil juga diberikan edukasi tentang pemenuhan gizi seimbang dan pengetahuan pola asuh anak dengan memberikan ASI eksklusif. Edukasi dikemas dengan cara menarik, yaitu menyanyi bersama dengan lirik lagu yang edukatif.

Meskipun mendapatkan PMT, ibu hamil tetap harus menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi dan seimbang. Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan rutin kehamilan di polindes, bidan maupun faskes lainnya.

Baca juga: