SAMBIROTO.NGAWIKAB.ID- Indonesia merupakan negara besar yang masyarakatnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi dan budaya ketimuran. Banyak hal yang dapat dilaksanakan demi menjaga warisan leluhur agar tetap lestari ditengah arus modernisasi yang begitu deras.

Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah desa Sambiroto dalam rangka melestarikan budaya lokal dengan menggelar kesenian langen bekso dalam rangkaian acara bersih desa atau nyadran, Jumat (29/07/2022).

Acara diawali dengan doa bersama, bermunajat kepada Allah SWT agar desa Sambiroto senantiasa dalam lindungan-Nya, pemimpin dan seluruh elemen masyarakat diberikan kekuatan lahir dan batin untuk membangun Sambiroto menuju desa yang guyub rukun, adil, makmur, maju dan sejahtera.

Bertempat di Balai Desa Sambiroto, acara yang dimulai pukul 08.30 WIB itu dihadiri Kepala Desa Sambiroto, jajaran perangkat desa, BPD, LPMD, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan mahasiswa UINSA Surabaya.

Merunut sejarah para pendahulu, pelaksanaan kegiatan bersih desa dengan menggelar kesenian budaya ini dilaksanakan di dua lokasi yakni di Dusun Sambiroto 1 dan Sambiroto 2, sedangkan lokasi ke-2 dilaksanakan Dusun Bolo 1 dan Bolo 2.

Sebagaimana ditegaskan Kepala Desa Sambiroto Sri Mulyono dalam sambutannya, hal itu tidak lepas dari sejarah terbentuknya desa Sambiroto yang terdiri dari 2 krajan (satuan wilayah terkecil pada waktu itu), Sambiroto dan Bolo.

Di akhir sambutannya, Kepala desa yang akrab disapa Yonik tersebut juga mengajak seluruh hadirin dan tamu undangan untuk mengheningkan cipta, mendoakan para leluhur dan para perangkat desa yang telah meninggal dan menjadi bagian sejarah dan kemajuan mulai awal berdirinya Desa Sambiroto.

Rangkaian bersih desa dengan pagelaran langen bekso selanjutnya juga akan digelar di Dusun Bolo 2 usai pelaksanaan sholat Jumat.